Berita

Pimpinan DPD RI Apresiasi Peresmian di Tol Trans Sumatera

Rabu, 27 Januari 2021 - 16:18
Pimpinan DPD RI Apresiasi Peresmian di Tol Trans Sumatera Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin. (FOTO: Dok. DPD RI).

TIMES BULUNGAN, JAKARTA – Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin mengapresiasi pemerintah atas peresmian tol Trans Sumatera yang diharapkan dapat berdampak positif bagi ekonomi masyarakat.

Selasa kemarin, Presiden Jokowi (Joko Widodo) telah meresmikan pengoperasian jalan tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer.

"Terima kasih Bapak Presiden Jokowi yang telah meresmikan salah satu bagian tahapan Tol Trans Sumatera Ini adalah bentuk nyata keberpihakan pemerintah pusat untuk meratakan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia", ujar Sultan B Najamudin, Rabu (27/1/2021).

Wakil Ketua DPD RI itu juga menambahkan, memang sudah semestinya konsep pembangunan harus menggunakan pendekatan keruangan dalam setiap kebijakan. Melalui paradigma keruangan serta kewilayahan (regional perspektive) maka pembangunan di masing-masing daerah tidak akan berdiri sendiri. 

Justru dengan adanya konektivitas melalui infrastruktur yang ada, maka tiap daerah tidak akan merasakan adanya kesenjangan. Bahkan tiap daerah justru dapat bertukar potensi sekaligus berdaya saing (kompetitif) dalam memajukan seluruh sendi kehidupan, baik ekonomi, sosial, politik hingga budaya.

"Seperti yang kita sadari bersama bahwa pemerataan pembangunan adalah poin utama dalam kehidupan bernegara. Sebab dengan pembagian "kue" pembangunan yang adil dan merata pasti akan menghadirkan rasa keadilan bagi seluruh rakyat di suatu wilayah tanpa ada rasa diskriminasi atau ditinggalkan pemerintah pusat."

Menurutnya jalan tol yang baru saja diresmikan adalah poros utama atau tulang punggung dari project trans Sumatera yang telah menghubungkan banyak daerah antara Lampung-Sumatera Selatan khususnya.

Tentu dengan pembangunan infrastruktur tersebut akan mudah bagi pemerintah daerah dalam mengakselerasi  pulau Sumatera sebagai upaya menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru serta mengembangkan simpul-simpul ekonomi produktif yang ada.

Lalu dengan daya dukung tersebut tinggal lagi kita menunggu sinergisitas kebijakan dilingkup pemerintah daerah yang tepat sasaran dalam memaksimalkan peluang yang ada," ucap Sultan B Najamudin, Wakil Ketua DPD RI menyusul peresmian tol Trans Sumatera. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bulungan just now

Welcome to TIMES Bulungan

TIMES Bulungan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.