Gaya Hidup

Agar Tak Lekas Rusak, Begini Cara Mencuci Sepatu Olahraga

Kamis, 28 Januari 2021 - 00:21
Agar Tak Lekas Rusak, Begini Cara Mencuci Sepatu Olahraga Sepatu olahraga. (foto: eventkampus)

TIMES BULUNGAN, JAKARTA – Saat berolahraga tentunya kita menggunakan sepatu yang nyaman. Baik kegiatan dalam ruangan maupun di luar ruangan, sepatu olahraga wajib dipakai ya. 

Di musim hujan seperti saat ini, sepatu olahraga rentan kotor. Terlebih sepatu olahraga yang digunakan untuk berolahraga di luar ruang, berlari atau bersepeda misalnya. 

Mencuci sepatu olahraga juga tak boleh sembarangan. Jika salah, sepatu bisa cepat rusak. Wah sayang bukan. 

Cara mencuci sepatu yang benar adalah melepas bagian-bagian sepatu. Seperti tali sepatu dan alas sepatu yang ada di bagian dalam. 

Setelah bagian sepatu sudah terlepas, rendam sepatu dalam campuran deterjen dan baking soda. Baking soda dapat membantu menghilangkan bau dalam sepatu akibat keringat di kaki. Rendam setidaknya 15 menit. 

Setelah itu sikat sepatu menggunakan sikat gigi bekas. Sikat merata bagik bagian luar maupun dalam sepatu ya. Usahakan menyikat secara searah supaya tidak merusak serat sepatu. 

Untuk bagian sol sepatu dapat diberi bakingsoda dan deterjen lagi. Dan sikat agak keras supaya kotoran mudah luntur. 

Jangan lupa cuci juga alas sepatu bagian dalam dan tali sepatu ya. 

Jika sudah bilas sepatu dengan air mengalir, lalu jemur secara terbalik agar air di bagian dalam sepatu segera menetes. Jangan lupa untuk dibalik, agar bagian sepatu bagian dalam juga mendapat sinar matahari. 

Jika sudah kering segera pasang kembali alas sepati dan talinya. Masukkan remasan kertas di bagian dalam sepatu olahraga Anda untuk menjaga bentuknya. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bulungan just now

Welcome to TIMES Bulungan

TIMES Bulungan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.